Jumat, 29 Mei 2015

Budidaya Jamur Konsumsi, Bersama Lintang Agro Farm

Budidaya Jamur Konsumsi sudah hampir merayapi setiap sudut kota di Indonesia.  Budidaya jamur konsumsi tidak hanya di kembangkan oleh para petani jamur, namun juga dilakoni oleh mereka dari berbagai macam profesi sebagai usaha sampingan. hal ini dikarenakan Budidaya Jamur Konsumsi mudah untuk dipelajari dan dipraktekkan disamping biaya modal awal dan perawatan nya yang juga relatif terjangkau. menginvestasikan uang dalam bentuk Budidaya Jamur Konsumsi memang memberikan keuntungan tersendiri bagi pemiliknya karena usaha ini merupakan usaha rumahan yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang strata sosial ataupun pendidikan seseorang.  Dari sabang sampai merauke bisa kita temukan para pembudidaya jamur edible (jamur yang dapat dimakan) yang mulai mengembangkan diri di dunia maya juga. mereka memperkenalkan diri dan saling memberi informasi bagi para petani jamur yang ada diseluruh Indonesia.
begitu halnya dengan kami usaha daerah lokal LINTANG AGRO FARM yang juga ingin berpartisipasi dalam memberikan sedikit informasi mengenai Budidaya Jamur Konsumsi, berikut kronologi pembudidayaan Jamur Merang Dan Jamur Tiram di LINTANG AGRO FARM: 

Proses Pembuatan "Kumbung" Jamur Merang

Membuat Kerangka Kumbung menggunakan bambu
 Kerangka bambu dibalut dengan plastik bening dan plastik hitam
 Media "tangkos" atau limbah sawit di siapkan untuk dimasukkan kedalam "kumbung", tentu saja setelah melalui beberapa proses perendaman dan pengkatulan
setelah media di tata dalam kumbung, maka akan terlihat seperti ini
kemudian tinggal menunggu "jamur merang" muncul kepermukaan seperti gambar berikut

selanjutnya, penjelasan singkat mengenai Budidaya Jamur Tiram, mulai dari serbuk kayu hingga pemanenan hasil produksi. sedangkan mengenai Teknik Dasar Budidaya Jamur Tiram dapat anda Klik Disini.


siapkan serbuk kayu untuk di campur dengan bahan-bahan lain seperti Katul dan dolomit, setelah bahan tercampur secara merata. bungkus serbuk kayu dengan plastik besar dan diamkan beberapa hari.
serbuk kayu siap di isikan kedalam plastik menjadi Baglog, Klik Disini untuk baca selengkapnya.
serbuk kayu dalam plastik siap untuk di press (dipadatkan) menggunakan alat manual ataupun mesin press baglog modern
mesin press baglog manual

maka hasilnya BAGLOG akan seperti gambar diatas
Baglog harus melalui sterilisasi sebelum di tanamkan bibit jamur Tiram F2
 baglog kemudian di inokulasi beberapa hari di dalam ruangan khusus
baglog dengan misellia merata seperti gambar sudah bisa di tata dalam rak-rak yang sudah dipersiapkan sebelumnya


dengan beberapa hari perawatan, jamur tiram akan tumbuh seperti berikut

demikian sekilas pengalaman yang bisa kami bagikan untuk menambah pengetahuan anda mengenai Budidaya Jamur Konsumsi. untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai hal-hal lain yang berkaitan dengan Budidaya Jamur konsumsi dan LINTANG AGRO FARM silahkan Klik Disini atau Klik Disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar