Sabtu, 17 Januari 2015

JAMUR TIRAM MUDAH DIBUDIDAYA DIRUMAH

a) Proses pembuatan Kumbung (RUMAH JAMUR)
     Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama, hampir lebih dari 15 hari untuk satu kumbungnya. itupun jika dikerjakan dalam waktu yang padat (lembur) dan dengan pekerja sekitar 10 orang laki-laki.karena pekerjaan ini membutuhkan tenaga yang lebih. seperti yang terlihat pada gambar, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rumah jamur ini terdiri dari bambu sebagai penyangga atau rangka rumah, plastik bening untuk melapisi, dan plastik hitam untuk melapisi bagian luar. ruangan ini harus memiliki sirkulasi udara yang baik. karena miselium akan tumbuh kerdil jika tidak ada udara. jadi kumbung harus memiliki fentilasi udara. buatkan jendela kecil untuk keluar masuknya udara sebagai kedap udara, hanya beberapa ruang sedikit terbuka sebagai fentilasi udara untuk mengganti sirkulasi udara dalam ruangan. ruangan ini benar-benar harus tertutup rapat. didalamnya terdapat rak-rak bambu yang digunakan sebagai penempatan media jamur, agar tertata rapi dan mudah dalam pemanenan.
 b) Media Jamur (SERBUK KAYU)
     gambar diatas adalah serbuk kayu pilihan yang digunakan sebagai media tanam jamur yang biasa disebut dengan baglog. kayu yang akan dijadikan serbuk harus kayu pilihan yang baik, sebenarnya semua jenis kayu bisa dijadikan media kecuali kayu-kayu yang bisa membuat gatal seperti kayu ingas dan sejenisnya. media diatas untuk jamur tirm dan jamur kuping. bisa juga menggunakan kayu gelondongan.

c) Proses pembuatan Baglog (loging)
    para ibu-ibu sedang memasukkan serbuk kayu kedalam plastik-plastik khusus untuk pembuatan baglog. biasanya hanya dibutuhkan beberapa hari saja satu gunung serbuk kayu bisa dijadikan baglog-baglog siap pakai jika banyak pekerja yang membantu. proses ini sangat mudah. hanya memasukkan serbuk kayu kedalam plastik dengan bantuan bambu yang dibuat sedemikian rupa kemudian di press dengan mesin. berikut adalah gambar baglog yang sudah siap untuk di oven.proses peng oven an baglog memakan waktu cukup lama, sekitar 5-7 jam jika kayu yang digunakan bagus dan stabil.

 ===========>
GAMBAR BAGLOG








~Berikut adalah proses OVEN BAGLOG~
d)Baglog dalam Rak
    setelah baglog selesai di oven, baglog didiamkan sebentar hingga suhu nya menurun mencapai normal, sekitar 10-20 hari danmicelia telah tumbuh sekitar 20-25 % baru kemudian bisa disusun di rak dengan jarak ideal antara rak 80 cm - 1 m. Setelah baglog tersusun dalam rumah jamur kita tinggal menunggu  miccelia tumbuh merata. Setelah micellia merata 80-100% penutup(kapas) baglog siap di buka. Biarkan 3-5 hari setelah itu penyemprotan/peyiraman dengan handsprayer. usahakan kondisi tetap lembab agar  jamur tumbuh dengan maksimal. biasanya tunas2 jamur tumbuh dalah 5-10 hari.


berikut adalah gambar jamur tiram siap panen. jamur tumbuh dengan lebat di mulut baglog.jamur dapat dipanen setiap hari selama masih produksi. dan jamur siap di pasarkan...






1 komentar:

  1. Saya di sini untuk berkongsi kesaksian saya tentang apa yang dilakukan syarikat pinjaman yang dipercayai untuk saya. Nama saya Nikita Tanya, dari Rusia dan saya ibu yang cantik dari 3 kanak-kanak saya kehilangan dana saya untuk mendapatkan pinjaman yang sangat sukar untuk saya dan anak-anak saya, saya pergi ke talian untuk mencari bantuan pinjaman semua harapan adalah hilang sehingga satu hari yang setia ketika saya bertemu kawan saya yang baru-baru ini memperoleh pinjaman dari Perkhidmatan Pendanaan Le_Meridian Dia memperkenalkan saya kepada syarikat pinjaman yang jujur ini yang membantu saya mendapat pinjaman dalam masa 5 hari kerja, saya akan berterima kasih untuk selama-lamanya kepada Bapak Benjamin, kerana membantu saya kembali berjalan kaki. Anda boleh menghubungi Encik Benjamin melalui e-mel: lfdsloans@lemeridianfds.com, mereka tidak tahu saya melakukan ini untuk mereka, tetapi saya hanya perlu melakukannya kerana ramai orang di luar sana yang memerlukan bantuan pinjaman sila datang ke syarikat ini dan selamatkan. Watsats: (+ 1 989-394-3740)

    BalasHapus